Ingin Mentato Salah Satu Bagian Tubuh? Kenali Risikonya

Bagi sebagian orang, mentato salah satu bagian tubuh atau lebih merupakan hal wajar yang dilakukan. Apalagi, perbedaan zaman yang semakin canggih dan modern ini membuat banyak orang berlomba-lomba untuk mentato tubuh mereka.

Apakah Benar Ada Risikonya?

Mentato tubuh bagian tertentu memang tidak dilarang oleh siapa pun. Namun, Anda juga perlu berhati-hati ketika ingin mentatonya. Ada baiknya jika Anda tidak mentato bagian tubuh tertentu yang lebih sensitif.

Mengapa? Sudah pasti, apabila Anda mentato bagian tubuh yang sensitif, Anda harus menanggung semua risikonya. Sebenarnya, mentato di bagian tubuh lainnya juga ada risikonya, apalagi jika di tato di bagian tubuh terlarang, sudah pasti banyak risiko yang harus dihadapi.

Apa Saja Risiko yang Dihadapi?

Lalu, apa saja sih risiko yang harus dihadapi ketika Anda memutuskan untuk mentato salah satu bagian tubuh? Berikut inilah risiko-risiko yang perlu Anda hadapi:

  • Anda akan lebih mudah terserang penyakit menular yang ditularkan melalui darah. Penyakit-penyakit berbahaya seperti hepatitis C, hepatitis B, HIV, dan tetanus. Meskipun peralatan tato selalu dibersihkan setiap digunakan, belum tentu kuman atau virus yang ada pada alat tersebut dapat hilang sepenuhnya.
  • Ketika Anda menggunakan tato yang berwarna seperti kuning, biru, hijau, dan merah, reaksi kulit terhadap alergi tinta tato akan meningkat. Munculnya rasa gatal dan ruam yang berada di lokasi tato akan beraksi pada kulit Anda. Bahkan, ada yang merasakan alergi ini sampai bertahun-tahun lamanya.
  • Infeksi kuman yang terdapat pada peralatan tato akan membuat Anda terserang penyakit infeksi kulit. Ada beragam bakteri dan kuman yang dapat memicu infeksi kulit dari yang ringan hingga yang parah.
  • Anda juga dapat meningkatkan risiko terhadap gangguan kulit lain, seperti pembengkakan, radang, benjolan, dan lainnya.

Itulah beberapa risiko yang harus Anda pertimbangkan secara matang-matang sebelum memutuskannya. Apabila Anda tidak ada masalah dengan risiko-risiko tersebut, Anda bisa bebas mentato tubuh Anda. Apabila ada suatu hal yang terjadi, Anda harus menanggung sendiri akibatnya.

Related posts: