Hukum Asuransi Dalam Islam-Kriteria Asuransi

hukum asuransiHukum asuransi dalam Islam secara umum dapat dikatakan sebagai hal yang diperbolehkan. Islam sendiri memiliki hukum-hukum dari berbagai jenis transaksi muamalat yang dilakukan oleh kaum muslim sehingga tidak terjerumus pada hal yang haram. Oleh karena itu, Anda sebagai umat muslim harus cerdas dalam melakukan transaksi muamalat sehingga dalam prosesnya tidak melanggar aturan ajaran agama Islam dan dalam menjalankannya akan memberikan manfaat yang sangat besar bagi Anda karena tidak termasuk dalam hal yang diharamkan. Asuransi merupakan jenis muamalat yang boleh dilakukan oleh umat Islam selama jenis asuransi yang dilakukan tidak menyimpang dari ajaran agama Islam seperti mengandung unsur riba dan perjudian yang haram.

Apa Saja Kriteria Asuransi Menurut Hukum Asuransi Dalam Islam?

Berbicara mengenai asuransi maka hal tersebut tentu memiliki kriteria masing-masing yang harus dipahami terlebih dahulu bagi Anda yang akan melakukan asuransi sehingga asuransi yang akan Anda lakukan tidak menyimpang dari ajaran agama Islam yang Anda anut. Hukum asuransi dalam Islam memang diperbolehkan akan tetapi ternyata dapat menjadi haram oleh sebab-sebab tertentu sehingga sebelum melakukan asuransi Anda harus cerdas dalam memahami makna dan hukum asuransi. Berikut beberapa kriteria yang harus Anda pahami dalam menjalani asuransi adalah memahami prinsip asuransi yang konkret yaitu tolong-menolong. Tolong menolong yang dimaksudkan disini adalah nasabah yang satu menolong nasabah lainnya yang tengah terkena musibah. Dana yang terkumpul dari nasabah diinvestasikan dalam bentuk yang bermanfaat, premi yang terkumpul sepenuhnya miliki nasabah, dana yang diperuntukkan untuk nasabah yang terkena musibah diambil dari dana sosial yang telah diikhlaskan oleh nasabah dan keuntungan yang diperoleh dibagi menjadi dua yaitu untuk perusahaan pengelola dan Anda sebagai pemilik asuransi.

Demikian beberapa kriteria dari asuransi yang termasuk dalam hukum asuransi dalam Islam yang diperbolehkan. Waspadai jenis asuransi yang dapat membawa Anda ke dalam dosa yang terlarang dan hindari transaksi muamalat yang dapat menjadikan uang yang Anda investasikan menjadi uang yang tidak halal.

Related posts: