Harga Ayam Hutan dan Jenis-jenisnya

Ada cukup banyak jenis ayam yang bisa ditemukan di Indonesia, sebut saja mulai dari ayam Jawa, ayam kate hingga ayam hutan. Ayam hutan sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dari jenis ayam lainnya. Hanya saja, sesuai namanya ayam ini lebih banyak ditemukan dalam hutan. Perbedaan fisik terutama bisa dilihat dari terbangnya yang lebih tinggi, tubuh sedikit lebih ramping, bulu yang lebih indah serta suara yang lebih keras serta merdu. Ayam hutan betina umumnya akan memiliki warna yang lebih kusam serta badannya membulat, sementara ayam jantan lebih tegap dan bulunya lebih terang. Ayam hutan jantan juga memiliki taji di kaki yang akan digunakan saat bertarung dengan ayam jantan lain.

 

Ciri-ciri dan Jenis-jenis Ayam Hutan

 

Warna-warna cerah ayam hutan di antarnaya adalah merah, hijau, hingga abu-abu. Ayam hutan merah memiliki ciri-ciri kepala dan jengger berwanra merah kecil serta kaki lebih ramping. Ayam hutan hijau ciri-cirinya adalah ukuran jengger lebih besar serta tubuh yang lebih membulat. Selain itu, ekornya akan berwarna ungu serta hijau. Jika kita ingin memelihara ayam ini, maka perawatannya tidak boleh sembarangan karena berbeda dengan jenis ayam lain yang biasa dipelihara. Kandang harus cukup luas dan tertutup di bagian atas karena ayam hutan sangat aktif. Makanan yang pas diberikan pada ayam hutan ialah biji-bijian dan buah yang umum terdapat dalam hutan.

 

Jenis-jenis ayam hutan sendiri ada empat, yaitu ayam hutan merah, ayam hutan abu-abu, ayam hutan hijau serta ayam hutan Sri Lanka. Mandikan ayam hutan tiap hari agar tetap terlihat segar serta bersih, lalu jemur di pagi harinya agar ia terbebas dari kutu serta aneka penyakit lain. Jika kita berminat membelinya, ayam hutan ternyata tidaklah murah. Berdasarkan informasi di laman harga.top, anakan ayam hutan usia 2 hingga 3 minggu dihargai antara Rp100.000 hingga Rp500.000, sementara ayam hutan yang sudah dewasa dapat mencapai harga Rp1.000.000 hingg Rp2.000.000. Harga yang cukup fantastis namun akan setara dengan peliharaan yang didapat.

Related posts: