Dampak Negatif Penggunaan Sosial Media Yang Berlebihan

Jalan-jalan ke mall, update foto di Instagram. Bermusuhan dengan salah satu teman, curhat di Facebook. Banyak pekerjaan yang belum selesai, mengeluh di status Whatsapp. Apakah Anda juga melakukan hal demikian? Sosial media saat ini memang sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Kemudian tanpa kita sadari, kita tak bisa lepas barang sehari saja tanpa membukanya. Sosial media memang banyak memberikan dampak positif jika kita dapat menggunakannya dengan baik. Tapi sebaliknya, banyak pengguna yang kurang bijak dalam menggunakannya sehingga menimbulkan berbagai dampak negatif untuk kita.

Penggunaan Sosial Media Yang Berlebihan

Penggunaan sosial media yang berlebihan lebih banyak memberikan dampak negatif kepada penggunanya dibandingkan dampak positif. Ada banyak pengguna yang saat ini sudah menunjukkan dampak negatif dari pemakaian sosial media yang berlebihan. Mungkin saja, kita juga salah satu dari pengguna yang kurang bijak dalam menggunakan sosial media. Berikut beberapa dampak negatif dari penggunaan sosial media yang berlebihan.

  1. Anti sosial

Terlalu asyik bermain dengan sosial media seringkali membuat kita lupa akan waktu yang seharusnya dapat kita habiskan bersama orang-orang terdekat. Pengguna yang sudah terlalu asyik dengan dunia yang dia ciptakan di sosial media cenderung akan menghindari berinteraksi dengan orang lain. Mereka akan lebih memilih berdiam diri di kamar dan menghabiskan banyak waktu bersama ponsel mereka.

  1. Addicted

Bermain sosial media memang menyenangkan. Namun, menggunakannya secara terus menerus tanpa henti dapat menyebabkan kecanduan. Pengguna yang sudah kecanduan terhadap sosial media akan merasa khawatir ataupun gelisah jika sehari saja tidak membukanya. Bahkan mereka akan terus bermain dimana pun dan kapan pun tanpa melihat tempat dan situasi.

  1. Iri hati

Terlalu sering melihat postingan orang lain di sosial media tanpa kita sadari akan membuat kita membandingkannya dengan apa yang kita miliki. Hal tersebut secara tidak langsung akan mengendapkan perasaan iri di hati kita. Hal tersebut yang menyebabkan banyaknya komentar kebencian ataupun peretasan akun seseorang yang dilakukan oleh orang tak bertanggungjawab.

Jika akun sosial media kita diretas oleh orang lain dan dimanfaatkan untuk melakukan kejahatan, maka kita harus mengambilnya kembali. Situs Caramengetahui88.blogspot.com membagikan cara untuk mendapatkannya.

Related posts: