Cara Tepat Menjaga Kesehatan Lambung

tips kesehatanLambung merupakan organ dalam tubuh yang memiliki peran sangat penting pada manusia. Fungsi utama dari lambung tentunya adalah mencerna semua makanan yang Anda makan. Bukan hanya itu saja, lambung juga memiliki peran penting untuk menyerap nutrisi makanan. Dengan kata lain, pada saat kerja lambung maksimal, maka penyerapan nutrisi pada tubuh pun akan berjalan dengan baik. Namun apabila lambung Anda memiliki masalah, tentunya hal tersebut akan berdampak pada munculnya penyakit. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Anda menjaga kesehatan lambung. Nah, ingin tahu cara tepat dalam menjaganya, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Cara yang pertama adalah mengonsumsi makanan secara teratur. Bagi Anda yang sering mengabaikan sarapan atau mungkin makan tidak tepat pada waktunya, hal ini tentu bisa berbahaya bagi kesehatan Anda sendiri. Mengapa? Karena pada saat lambung tidak terisi dengan makanan, hal tersebut akan menyebabkan asam lambung naik. Apabila hal ini sering terjadi secara terus menerus, proses inilah yang menyebabkan Anda terkena penyakit maag. Oleh sebab itu, makanlah tepat pada waktunya mulai dari sarapan, makan siang, sampai makan malam. Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah mengunyah makanan lebih lama. Untuk memperingan kerja lambung, mulailah membiasakan diri dengan mengunyah makanan lebih lama sehingga makanan bisa lembut pada saat masuk kedalam perut.

Pada saat makanan menjadi lembut, sudah pasti kinerja lambung akan jauh lebih mudah. Selain itu, proses penyerapan sari-sari makanan pun menjadi lebih maksimal. Sebaliknya, menelan makanan yang tidak lembut dapat menyebabkan dinding lambung yang bergesekan. Bila dilakukan secara terus menerus, hasilnya tentu lambung Anda akan terluka dan mengalami radang. Cara menjaga kesehatan usus yang terakhir adalah makan makanan yang berserat. Makanan berserat sudah pasti mampu menyehatkan pencernaan sekaligus kesehatan lambung. Serat pada makanan akan membantu dalam proses kerja lambung sehingga proses pembuangan pun menjadi lebih maksimal. Jadi, tadi adalah beberapa cara tepat dalam menjaga kesehatan lambung yang bisa Anda pahami dengan mudah.

Related posts: