Cara Tepat Mengatasi Susah BAB

Sembelit atau susah buang air besar merupakan gejala dari kurang serat, tubuh membutuhkan serat dalam jumlah yang cukup tinggi. Untuk menyeimbangkan kebutuhan karbohisrat dan serat dalam tubuh,maka anda memerlukan beberapa bahan makanan yang mengandung serat dalam jumlah yang tinggi. Apa saja bahan makanan tersebut? Anda pasti tidak asing dengan jelly dan agar-agar, bahan makanan yang terbuat dari sari pati rumput laut tersebut dinyatakan sebagai bahan makanan yang men gandung serat tertinggi, 80% lebih banyak dibanding sayur dan buah-buahan. Sebenarnya buah dan sayur juga memiliki serat tinggi terlebih sayuran hijau. Kangkung, sawi, dan jenis sayuran hijau lainnya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dibanding sayuran lainnya. Tidah heran apabila orang zaman dulu memasak sayuran hijau untuk dikonsumsi sehari-hari.

Cara Paling Mudah Untuk Mengatasi Sembelit

Penyebab susah buang air besar selain kekurangan serat yaitu karena konsumsi makanan yan terlalu kering. Jika mengkonsumsi makanan, pastikan anda memilih makanan yang mengandung kuah. Makanan berkuah akan lebih mudah dicerna dibanding makanan yang kering. Maka dari itu banyak ahli yang menganjurkan untuk makan 4 sehat 5 sempurna, apa tujuannya? Tentu saja untuk memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh termasuk serat. Susah buang air besar atau sembelit yang dibiarkan berlarut-larut dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain. Ambeien dan wasir merupakan penyakit dalam yang salah satunya disebabkan karena kurang serat sehingga feses menjadi keras dan sulit keluar. Terhambatnya jalan keluar feses menyebabkan lubang pinggir anus mengalami gesekan cukup parah yang akhirnya menimbulkan benjolan-benjolan.

Siapapun  tidak ingin terkena penyakit seperti itu, anda tentu ingin sehat bukan? Mulai sekarang anda harus rutin mengkonsumsi sayur dan buah-buahan untuk mengurangi gangguan pencernaan. Jika anda masih sulit untuk buang air besar, konsultasikan diri secepatnya pada dokter spesialis. Poala hidup yang baik perlu diterapkan dalam kebiasaan kita sehari-hari. Kurangilah makan makanan cepat saji untuk mengurangi resiko penyakit, jungfood atau makanan cepat saji mengandung zat yang berbahaya.

Related posts: