Cara Redakan Nyeri Perut Akibat Haid

tips kesehatanHaid merupakan sebuah hal yang akan selalu terjadi setiap bulannya oleh wanita yang sedang tidak dalam masa kehamilan. Bagi beberapa wanita, haid adalah sebuah hal yang begitu mengganggu karena bisa menyebabkan perut terasa sangat nyeri dan sakit. Tak hanya itu, haid pun akan menyebabkan tubuh terasa sangat lemas. Untuk itu beberapa wanita pasti ada yang izin tidak masuk bekerja selama beberapa hari sampai keadaan perutnya membaik. Nah jika Anda pun mengalami nyeri perut dan juga lemas, maka berikut ada sejumlah cara agar keadaan lebih membaik.

Penanganan Tepat Untuk Nyeri Haid

Penanganan yang paling pertama, cobalah untuk membuat perut Anda lebih rileks. Caranya, coba masukkan air ke dalam plastik. Air yang dimasukkan ke dalam plastik itu harus yang hangat. Isi lah sampai plastiknya penuh, kemudian pijat lah perut menggunakan plastik berisikan air tersebut. Dengan begitu perut akan rileks karena otot-otot perut menjadi tidak tegang dan peredaran darahnya lebih lancar. Penanganan kedua, Anda harus memberikan waktu bagi tubuh beristirahat. Selama masa haid, Anda memang harus lebih banyak beristirahat. Pasalnya tubuh dalam masa untuk mengeluarkan darah-darah kotor. Pengeluaran darah kotor tersebut dengan cara meluruhkan dinding rahim. Sehingga tidak heran apabila perut terasa sangat nyeri dan menyebabkan lemas. Penanganan yang ketiga, dengan hindari konsumsi makanan yang bersifat pedas ataupun kecut.

Pasalnya makanan pedas dan kecut itu pasti akan membuat keadaan perut semakin tidak enak. Perut akan terasa semakin nyeri disertai dengan perih. Penanganan yang keempat, dengan hindari air es. Memang air es itu sangat menyegarkan. Namun apakah Anda tahu, sebenarnya air dingin atau air es bisa menyebabkan darah kotor membeku di dalam perut. Sehingga itu akan sebabkan kista beberapa tahun ke depan. Selain itu air putih juga bisa menyebabkan perut terasa semakin nyeri. Untuk itu selama masa haid, Anda harus hindari yang namanya konsumsi air dingin agar perut lebih nyaman. Penanganan terakhir, perbanyak konsumsi buah, sayur dan air hangat.

Related posts: