Cara Mudah Mencegah Adanya Varises

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu kelainan pada kaki yang sering dialami oleh sebagian besar orang yaitu varises? Tentu kalian mengetahuinya bukan? Nah varises merupakan pembuluh darah vena yang mengalami pembengkakan, kondisi ini nampak berwarna biru atau keunguan di permukaan kulit. Varises sendiri sering didapati di tungkai atau betis dan anggota gerak bagian bawah. Penyebab utama timbulnya varises adalah seringnya berdiri dan berjalan yang dapat memberikan tekanan tambahan pada vena di tubuh bagian bawah. Varises bisa menjadi penanda bahwa kesehatan seseorang mengalami masalah yang cukup berat. Dan yang cukup sering mengalami kondisi ini adalah wanita dewasa.

Tips Mudah Mencegah Varises

Memiliki varises pada kaki jika tidak dicegah dari awal tentu akan memiliki kemungkinan semakin parah sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Nah untuk mencegah timbulnya varises tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

Yang pertama dan utama adalah melakukan olahraga, dengan rutin melakukan olahraga seperti joging atau jalan sehat sangat berguna untuk menguatkan fungsi otot pada kaki dan pembuluh darah vena yang berada pada tungkai. Selanjutnya ketika malam hari ambil posisi berbaring dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari jantung selama kurang lebih 20 menit, hal ini bisa membantu melancarkan peredaran darah ke jantung. Kemudian cara selanjutnya adalah kalian bisa menghindari posisi menyilangkan kaki ketika duduk.

Nah agar semakin terhindar dari varises, memiliki badan yang ideal juga bisa membantu menghindari hal itu. Kemudian bisa dengan memperbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang mengandung serat tinggi yang dapat merangsang sirkulasi darah, contohnya seperti bayam, apel, atau anggur. Bagi kalian seorang wanita tentu menghindari timbulnya varises bisa dengan mengurangi penggunaan sepatu hak tinggi. Kemudian ketika melakukan perjalanan jauh sebaiknya ambil waktu istirahat dengan berjalan kaki sejenak, hal tersebut guna melancarkan kembali peredaran darah. Itu tadi beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mencegah timbulnya varises pada kaki kalian. semoga bermanfaat.

Related posts: