Cara Merawat Kain Batik

Kain batik adalah salah satu kebanggaan tersendiri yang dimiliki Indonesia. Kain tradisional ini, sekarang sudah mendunia. Bahkan UNESCO juga menegaskan bahwa batik Indonesia adalah salah satu warisan budaya yang diakukan dunia. Selain itu, desainer-desainer ternama Indonesia saat ini banyak yang berlomba-lomba untuk membuat kain batik terlihat lebih kekinian dan modern. Tidak hanya batik wanita, batik pria saat ini juga nampak di desain dengan gaya-gaya modern. Baju batik pria yang dulu hanya terdapat sebagian motif dan warna saja, kini sudah banyak desain-desain baru yang lebih elegan. Baju batik kini didesain mengikuti perkembangan mode saat ini. Kita bisa melihat kain-kain batik yang di pakai oleh kalangan pejabat yang terlihat sangat menawan.

Tips Mencuci Kemeja Batik

Kemeja-kemeja batik yang digunakan para petinggi ini terlihat lebih elegan dan berkelas. Hal tersebut sebenarnya sesuai dengan jenis kain batik yang digunakan serta kualitas dari batik itu sendiri. Harga batik yang bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, membuat para pria gemar mengoleksi baju batik. Baju batik pria ini dapat digunakan ketika menghadiri acara-acara resmi atau acara-acara formal. Nah, ada hal lain yang perlu Anda perhatikan yaitu mengenai cara mencuci baju batik. Baju batik yang tidak dicuci dengan baik akan menyebabkan warna menjadi pudar. Untuk itu lakukan tips mencuci baju batik berikut ini:

  1. Pisahkan kain batik dengan bahan lain

Sebelum mencuci, pisahkan kain batik dengan bahan lain yang mudah luntur. Karena jika dipisahkan, kain batik dapat terkena warna lain dari baju yang luntur.

  1. Hindari pemakaian pelembut

Pelembut pakaian sering digunakan untuk membuat kain lebih wangi dan harum. Namun, penggunaan pelembut pakaian bisa membuat serat kain mudah rusak. Sehingga baju batik mungkin saja mudah robek dikemudian hari ketika sering dicuci menggunakan pelembut.

  1. Hindari mesin cuci

Mencuci baju batik pria dengan mesin cuci juga dapat dengan mudah merusak serat kain. Lebih baik cuci kemeja batik secara manual.

Related posts: