Cara Menyewa Web Hosting Indonesia

DaiServerWeb hosting atau biasa disebut dengan hosting adalah sebuah layanan yang berfungsi sebagai penyimpanan data (teks, video, audio, gambar, atau lainnya) yang berupa komputer server yang selalu terkoneksi ke sambungan internet yang akan membuat data-data tersebut dapat diakses oleh beberapa orang dari berbagai tempat pada waktu yang bersamaan melalui sebuah website pemiliknya. Di Indonesia, banyak perusahaan penyedia web hosting yang dapat Anda temui dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada beberapa cara untuk menyewa sebuah web hosting Indonesia.

Bagaimana Langkah-Langkah Dalam Menyewa Web Hosting Indonesia?

Langkah awal dalam menyewa web hosting adalah mendaftar domain. Domain yang Anda miliki nantinya akan bertujuan untuk mengoneksikan domain Anda ke hosting yang nantinya Anda sewa. Untuk memperoleh sebuah domain, Anda bisa mendapatkannya secara gratis ataupun berbayar. Kelemahan menggunakan Domain gratis adalah domain Anda berisiko terhapus sewaktu-waktu, namun jika Anda menggunakan domain berbayar, Anda tidak perlu khawatir mengenai resiko yang satu ini. Setelah Anda memiliki domain, Anda bisa mengunjungi alamat penyedia web hosting dan memilih paket hosting yang ada. Anda dapat memilih paket hosting dengan melakukan perbandingan dengan paket yang lainnya baik web hosting Indonesia maupun luar negeri. Jika Anda adalah orang yang baru membuat website, maka Anda perlu mengecek ketersediaan dari domain yang Anda miliki. Hal ini diperlukan karena untuk Anda yang baru membuat website, domain Anda kemungkinan telah dimiliki orang lain, jadi langkah ini sangat penting untuk Anda yang baru membuat website.

Langkah selanjutnya adalah verifikasi domain yang Anda miliki dengan memasukkannya ke keranjang belanja. Perusahaan hosting akan memverifikasi pesanan Anda dan memunculkan angka yang harus dibayarkan dan dimana Anda harus membayarnya. Kemudian setelah Anda melakukan pembayaran, Anda harus melaporkan bukti pembayaran Anda pada perusahaan hosting. Perusahaan hosting akan menindaklanjutinya dengan mengaktifkan domain dan paket hosting yang telah Anda pesan. Setelah domain dan hosting Anda aktif, Anda akan memperoleh email berupa username dan password yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan website Anda. Demikian sedikit gambaran tentang cara mendaftar web hosting Indonesia.

Related posts: