Cara Mengobati Penyakit Kaki Gajah

tips kesehatanKaki gajah atau di dalam istilah medis disebut sebagai filariasis merupakan jenis penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria yang dapat disebarkan oleh berbagai jenis nyamuk. Penyakit ini dapat bertahan dalam waktu yang sangat lama pada tubuh si penderita yang mana penyakit ini termasuk dalam penyakit menahun atau kronis yang apabila tidak mendapatkan penanganan secara cepat maka dapat menimbulkan cacat pada bagian tubuh tertentu pasalnya penyakit ini dapat menimbulkan bengkak pada bagian tubuh terutama pada bagian kaki, tangan dan juga alat kelamin baik laki-laki atau pun perempuan. Kasus penyakit kaki gajah sangat banyak ditemukan di negara Indonesia dan semakin luas penyebarannya sehingga sangat perlu diwaspadai keberadaannya.

Penularan penyakit kaki gajah pada manusia dapat terjadi akibat gigitan nyamuk yang menghisap darah manusia dan menghisap kembali pada individu manusia lainnya. Berbeda dengan jenis penyakit yang ditularkan oleh nyamuk seperti malaria, penyakit kaki gajah ini tidak disebabkan oleh hanya satu jenis nyamuk saja melainkan terdapat 23 jenis nyamuk yang dapat menyebabkan penularan penyakit kaki gajah tersebut. Gejala yang biasa ditimbulkan oleh penyakit kaki gajah ini antara lain adalah demam terjadi secara berulang-ulang 3 hingga 5 hari, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening pada daerah lipatan paha, ketiak dan pada anggota tubuh lainnya, menimbulkan radang saluran getah bening yang dapat menimbulkan rasa panas seperti luka bakar dan membesarnya bagian anggota tubuh tertentu hingga menimbulkan rasa panas.

Gejala-gejala tersebut sangat penting sekali untuk Anda pahami sehingga apabila terjadi gejala yang telah disebutkan di atas maka Anda dapat dengan segera melakukan tindakan medis yang dapat menyelamatkan diri Anda dari penyakit menular tersebut. Pengobatan kaki gajah pun mulai banyak dikembangkan oleh para ahli untuk mengurangi penyebaran penyakit tersebut semakin luas. Langkah pengobatan yang biasa ditempuh biasanya menggunakan pengobatan secara media dan tradisional. Akan tetapi pengobatan secara tradisional dinilai lebih aman dan efektif dalam mengatasi penyakit menular kaki gajah.

Related posts: