Cara Mengobati Luka yang Koreng Bernanah

Mempunyai luka yang telah mengering, berserabut dan bernanah tentunya merupakan mimpi buruk bagi semua orang. Secara alami jika terjadi luka maka proses selanjutnya adalah tumbuhnya serabut-serabut atau benang-benang fibrinogen yang menutup luka sehingga kulit kembali tertutup dengan sempurna. Namun kadang-kadang pada luka dapat terjadi nanah, hal tersebut penyebabnya adalah infeksi. Tidak hanya dapat mengurangi rasa percaya diri namun luka koreng tersebut juga dapat merupakan sebuah tanda adanya infeksi pada luka. Oleh karena itu sebaiknya Anda segera mengobati penyebab luka tersebut. Jika dibiarkan terus menerus maka dapat menimbulkan bau yang tidak sedap dan tentunya dapat membuat risih baik diri sendiri maupun orang lain.

Pengobatan Luka yang Bernanah

Memperhatikan luka sekecil apapun sangat penting agar tidak terjadi infeksi yang menyebabkan luka menjadi tambah parah. Untuk mengobatinya Anda dapat membersihkan luka dengan menggunakan air steril atau rivanol. Air steril yaitu air hasil sulingan atau jika tidak ada dapat menggunakan air matang, sedangkan rivanol Anda dapat memperolehnya di apotik. Gunakan cairan tersebut untuk membersihkan luka dan darah yang masih mungkin terdapat pada luka. Setelah dibersihkan, Anda dapat menggunakan antibiotik. Setelah itu tutup luka dengan menggunakan kassa steril. Kassa yang steril artinya kassa masih dalam keadaan bersih dan berada di terbungkus rapi pada tempatnya.

Kemudian Anda harus menjaga luka tersebut agar terhindar dari basah dan juga kotor. Jika terkena basah atau kotor maka Anda harus segera menggantinya. Anda juga harus membersihkan luka dan mengganti kassa setiap hari. Pada fase ini biasanya akan terasa gatal, sehingga rasanya ingin menggaruk luka, namun sebisa mungkin untuk menghindari hal tersebut. Selain itu jika akan mengganti dan membersihkan luka, pastikan Anda membersihkan tangan terlebih dahulu. Jadi, merawat luka sekecil apapun sangat penting dalam menjaga kesehatan agar tidak menjadi luka yang lebih serius, hal ini sangat penting terutama bagi penderita diabetes. Demikian informasi mengenai cara merawat luka agar tidak bernanah, semoga bermanfaat.

Related posts: