Cara Mengobati Luka Basah Yang Baik Dan Benar

tips kesehatanLuka pada tubuh didapatkan karena berbagai macam sebab. Kulit merupakan bagian terluar sehingga mudah mengalami luka seperti goresan akibat benda-benda asing atau berbahaya. Luka pada kulit selain meninggalkan rasa sakit juga dapat meninggalkan bekas yang mengganggu pemandangan. Untuk menghindari bekas luka tersebut maka perlu menanggulangi dengan mengobati luka basah secara tepat. Yuk simak ulasan berikut ini untuk lebih jelasnya.

Cara Mengobati Luka Basah Yang Baik Dan Benar

Mengalami luka sudah menjadi hal yang biasa bagi sebagian orang dan memang bukan suatu hal yang perlu dikhawatirkan karena biasanya luka akan sembuh dengan sendirinya. Namun jika luka tersebut besar maka akan membutuhkan waktu yang lebih lama mengering dan biasanya akan menjadi koreng. Luka yang kelamaan akan membusuk menjadi koreng, jadi sangat penting mengobati luka basah secara baik dan benar. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar luka basah cepat mengering dan mengelupas adalah yang pertama gunakan rivanol untuk membersihkan luka agar pertumbuhan kuman menjadi terhambat dan tidak bertambah buruk. Jaga kebersihan pada area sekitar luka sangatlah penting. Kedua jangan menutupi luka merupakan cara yang tepat merawat luka yang benar agar luka cepat mengering dan mengelupas. Jika Anda menutupi luka maka akan membuat luka menjadi lembab, susah kering dan kuman akan lebih mudah berkembang biak maka dari itu sebaiknya tidak menutupi luka. Ketiga perbanyak mengonsumsi protein, dengan demikian luka pada tubuh Anda akan semakin cepat menutup. Hal ini dikarenakan kandungan protein akan membentuk daging untuk menutup luka. Keempat biarkan luka mengelupas dengan sendirinya sehingga tidak menimbulkan bekas yang sulit dihilangkan. Untuk mempercepat proses pengeringan Anda dapat menggunakan salep luka yang terdapat di apotek terdekat rumah Anda.

Demikian ulasan singkat mengenai cara mengobati luka basah secara baik dan benar. Meskipun bukan suatu penyakit yang parah luka ini perlu ditangani secara tepat agar nantinya tidak memburuk bahkan mengeluarkan nanah. Pastinya Anda tidak mau kan masalah sepele menjadi besar karena salah penanganan? Jadi sebaiknya Anda melakukan langkah yang tepat.

Related posts: