Cara Membuat Paving Block Sendiri

Sekarang ini di setiap kita melewati bangunan, desain luarnya nampak indah karena banyak yang dipasangi paving block. Sebenarnya paving ini hanya semen yang dicampur dengan pasir dan dicetak dengan ukuran tertentu, sehingga saat paving dipasang akan terlihat rapih dan indah. Namun sayangnya harga paving sekarang ini bertambah mahal.

Bagaimana menyikapi harga paving yang mahal?

Jika kita ingin memasang paving di rumah atau tempat yang kita inginkan namun tidak memiliki dana yang cukup, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kalian ambil untuk menyikapi mahalnya harga jual paving. Salah satunya adalah dengan membeli paving block bekas, namun untuk pembelian paving bekas kita perlu ketelitian sebelum membelinya.

Harga paving bekas memang lebih murah, namun kebanyakan orang kurang merasa puas dengan paving bekas. Mungkin saja karena banyak bagian yang sudah cat sehingga tidak menarik untuk dipasang kembali. Untuk menghindari kekecewaan dengan kita membeli paving bekas, kita bisa membuat paving block di rumah sendiri dengan cara kita sendiri.

Bagaimana cara membuat paving sendiri?

Untuk membuat paving sendiri, tentunya kita memerlukan pengetahuan tentang cara membuat paving. Selain pengetahuan, tentunya kita memerlukan alat dan bahan. Alat yang dibutuhkan mungkin hanya alat tukang dan cetakan. Kita bisa menggunakan cetakan seperti yang kita inginkan. Sedangkan untuk bahan kita hanya memerlukan semen, pasir, dan sedikit kerikil.

Untuk membuat paving sendiri juga memerlukan tempat yang lumayan luas. Untuk memulai pembuatan paving ini kita bisa dengan mencampurkan bahan yang digunakan untuk membuat paving yaitu mencampurkan pasir dengan semen, dengan perbandingan 2:1. Setelah kedua bahan dicampur, kita tambahkan air untuk mencampur keduanya menjadi adonan.

Setelah menjadi adonan, kita bisa mencetak adonan dalam cetakan yang telah disediakan. Kemudian kita keringkan adonan yang dicetak tadi hingga paving block siap untuk digunakan. kalian bisa gunakan paving yang sudah jadi untuk desain luar rumah kalian atau bisa juga untuk dijual menjadi bisnis rumahan kalian. Selamat mencoba.

Related posts: