Cara Cerdas Mengatasi Bisul

Anda pasti tak asing mendengar kata bisul. Bisul merupakan benjolan berwarna merah yang tumbuh di permukaan kukut dan disertai dengan nanah. Bisul dapat disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri tersebut sebenarnya tidak menimbulkan infeksi apapun jika berada di kulit atau hidung. Nah, bakteri tersebut akan menginfeksi kulit dengan cara masuk ke folikel melalui luka atau gigitan serangga. Bakteri pada bisul dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan dapat menyebabkan infeksi pada organ dalam. Jika menyebar pada bagian kulit, maka dapat menyebabkan kulit melepuh.

Penanganan Terhadap Bisul

Bisul dapat muncul pada kulit akibat kurangnya kebersihan pada kulit kita. Selain itu, bisul juga dapat muncul jika kita terkena kontak kulit dengan penderita bisul. Nah, jika sudah terkena bisul tentunya kita membutuhkan penanganan khusus untuk mengatasinya bukan? Apa saja ya langkah tepat untuk menangani bisul pada kulit? Berikut ini akan kami sajikan langkah tepat untuk mengani bisul.

– Mengompres bisul dengan menggunakan air hangat. Basahi kain kompres dengan air hangat. Setelah itu, letakkan kain kompres pada bagian kulit yang terkena bisul. Nah, Anda dapat melakukan pengompresan sebanyak 3 kali untuk meredakan rasa sakitnya.

– Membersihkan bisul dengan menggunakan kain kasa dan alkohol. Anda juga dapat menggunakan sabun antibakteri. Nah, setelah itu, Anda dapat mengoleskan obat dan menutup bisul dengan kain kasa.

– Melakukan penggantian kasa secara rutin untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Selain penanganan di atas, Anda juga dapat melakukan penanganan pada bisul Anda dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung vitamin serta antioksidan yang mampu mengobati bisul. Anda cukup membubuhkan daging lidah buaya ke bagian bisul. Selain menggunakan lidah buaya, Anda juga dapat menggunakan biji mentimun. Biji mentimun mengandung senyawa anti inflamasi yang berpotensi untuk membunuh kuman. Caranya cukup mudah. Temulawak juga dapat digunakan untuk mengobati bisul. Anda cukup meminum rebusan temulawak yang dicampur dengan aren dan asam Jawa. Nah, Anda dapat mempraktikkannya untuk mengatasi bisul yang tumbuh pada kulit Anda. Selamat mencoba.

Related posts: