Buang Air Besar Lancar Tanpa Sembelit

Jika Anda mengalami permasalahan buang air besar yang tidak lancar berarti ada yang salah dengan sistem pencernaan Anda. Mungkin Anda pernah mengalami sulit buang air besar untuk beberapa hari. Hal ini sudah pasti akan mengganggu dan membuat tidak nyaman. Pastinya Anda akan mencari berbagai langkah untuk mengobati sembelit yang ada.

Tips Melancarkan BAB

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat pencahar agar permasalahan BAB Anda sembuh, maka pikirkanlah terlebih dahulu untuk menggunakan bahan alami. Permasalahan BAB tidak lancar dapat disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Kekurangan serat dapat menyebabkan BAB tidak lancar. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui berbagai jenis makanan yang dapat melancarkan BAB Anda.

  1. Pepaya

Buah pepaya dipercaya dapat melancarkan BAB. Hal ini benar adanya karena di dalam buah pepaya mengandung berbagai zat dan vitamin yang menyehatkan. Pepaya mengandung papain yang berfungsi untuk mengakumulasi protein yang dicerna usus besar. Zat inilah yang menjadikan buah pepaya dapat melancarkan buang air besar.

  1. Bayam

Sayur bayam memiliki kandungan serat yang besar. Serat ini akan melancarkan BAB Anda. Jika Anda mengonsumsi bayam maka BAB pun menjadi lancar. Namun, bagi penderita asam urat perlu berhati-hati ya dengan jenis sayuran yang satu ini. Anda bisa memilih alternatif lain karena berbahaya jika terlalu banyak mengonsumsi bayam.

  1. Wortel

Jika selama ini wortel lebih sering dikenal untuk menjaga kesehatan mata, ternyata wortel dapat berfungsi baik untuk melancarkan BAB. Wortel mengandung serat yang dapat mengaktifkan 25% volume tinja, sehingga tinja dapat mudah dikeluarkan. Anda bisa menambahkan wortel dalam menu makan harian Anda.

  1. Pisang

Buah yang satu ini juga dapat membantu melancarkan BAB. Jika Anda mengonsumsi pisang sebanyak 1 hingga 2 buah per hari, maka Anda pun akan terhindar dari sembelit. Selain itu, pisang juga mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Itulah beberapa makanan yang bisa menghindarkan diri dari sembelit atau susah buang air besar.

Related posts: