Bisakah Penyakit Retina Diobati?

Dokter RetinaApakah bisa penyakit retina diobati hingga benar-benar sembuh total? Pertanyaan seperti ini sering dilontarkan oleh mereka yang mengalaminya dan penyakit yang menyerang retina ini memang bisa saja diobati. Namun kesuksesan pengobatannya sendiri ditentukan oleh sejumlah faktor salah satunya adalah penanganannya yang cepat dan tidak terlambat kemudian melakukan pengobatan di klinik-klinik mata yang sudah berpengalaman. Gangguan mata yang satu ini memang bisa dialami oleh siapa saja dari orang dewasa sampai anak-anak. Untuk gejalanya bisa dibilang mirip dengan beberapa penyakit mata pada umumnya yang ditandai dengan kaburnya penglihatan jadi dibutuhkan beberapa tes medis untuk mendiagnosa penyakit ini.

Mengobati Penyakit Retina Hingga Tuntas

Sebagai informasi penyakit retina ini terjadi ketika bagian retina yang ada di dalam mata mengalami gangguan. Gangguan tersebut juga disebabkan oleh banyak faktor seperti adanya cedera pada retina, terjadi kerusakan syaraf dan pembuluh darah retina, komplikasi penyakit diabet, terjadi robekan retina, sampai disebabkan oleh retinoblastoma atau kanker mata yang langka dan biasanya kanker ini menyerang usia anak. Jadi sangat disarankan ketika penglihatan yang tadinya normal tiba-tiba terasa mulai kabur dan dibarengi dengan adanya bintik terapung yang mirip dengan sarang laba-laba dan menghalangi penglihatan sebaiknya lekas mengunjungi klinik mata. Nantinya si pasien atau penderita akan diminta untuk menjalani serangkaian tes terlebih dahulu.

Ada beberapa macam tes yang mesti dilakukan demi mengetahui lokasi dan juga seberapa parahkan kerusakan pada retina. Ketika hasilnya sudah diperoleh, dokter akan menentukan teknik pengobatan yang paling cocok. Umumnya untuk mengobati penyakit ini akan dilakukan tindakan operasi dan ada beberapa teknik yang digunakan seperti menyuntikkan obat ke mata dan ini dilakukan untuk mengatasi retinopati diabetik dan degenarasi makula basah. Tindakan lainnya dengan melakukan operasi seperti scatter laser photocoagulation yang dilakukan untuk mengobati retina yang robek kemudian ada juga operasi laser untuk menurunkan risiko ablasi retina. Itulah beberapa pengobatan penyakit retina dan yang tidak kalah penting lakukan juga upaya-upaya pencegahan.

Related posts: