Berbuka Dengan Kolak Di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan hanya tinggal menghitung hari. Bulan Ramadhan pada tahun 2018 ini, jatuh pada pertengahan bulan Mei dan kemudian disusul Hari Raya Idul Fitri pada bulan Juni. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mewajibkan seluruh umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa.  Jadi, bagi para muslim yang sudah memenuhi syarat berpuasa, wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Puasa adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala hal yang dapat membatalkan mulai dari terbit sampai terbenamnya matahari. Muslim yang diwajibkan menjalankan ibadah puasa Ramadhan memiliki persyaratan tertentu seperti sudah baligh. Jadi, anak-anak yang belum mengalami pubertas, tidak diwajibkan menjalankan puasa.

Bulan Ramadhan dianggap sebagai bulan yang suci dan penuh rahmat. Karena, selama satu bulan ini Allah SWT akan mengurung iblis dan jin untuk tidak mengganggu manusia. Selain itu, pada bulan Ramadhan Allah SWT akan melipatgandakan pahala dari setiap ibadah yang dijalankan umat muslim. Oleh karena itu, banyak sekali umat muslim yang berlomba-lomba untuk meningkatkan ibadah di bulan Ramadhan.

Kolak Ramadhan Sebagai Takjil Berbuka Puasa

Ada banyak hal yang identik dengan bulan Ramadhan. Mulai dari segi makanan, busana, ibadah dan lain sebainya. Namun, satu hal yang sangat terlihat jelas pada bulan Ramadhan adalah takjil. Takjil adalah jajan atau makanan ringan yang dikonsumsi ketika berbuka puasa. Saat ini banyak sekali jenis takjil mulai dari kue, minuman, gorengan, bubur, es dan sebagainya. Tetapi ada satu takjil yang pasti ada di bulan Ramadhan yaitu kolak.

Kolak seringkali dijadikan hidangan takjil buka puasa. Kolak berisi buah pisang dan ubi jalar yang dicampur dengan santan dan gula. Rasa dari kolak adalah manis. Sesuai dengan sunah Rasulullah SAW, berbukalah dengan yang manis-manis. Untuk mendapatkan sebuah kolak, Anda bisa membelinya di pasar-pasar maupun para penjual takjil di pinggir jalan ketika menjelang jam berbuka puasa. Namun, bagi Anda yang ingin lebih praktis juga bisa melakukan pembelian online di Royaltumpeng.com.

Related posts: