Berbagai Gangguan Yang Terjadi Pada Retina

RetinaMata yang merupakan salah satu panca indera sehingga memiliki fungsi yang sangat vital sehingga kesehatannya haruslah dijaga. Jika tidak cukup banyak gangguan kesehatan yang dapat dialami oleh mata. Dan ada beberapa penyakit yang menimpa selaput jala atau retina diantaranya adalah infeksi yang terjadi karena masuknya mikroorganisme atau bakteri melalui aliran darah yang menuju mata. Jika hal ini terjadi maka bisa menyebabkan kebutaan. Kemudian ablasio yang disebabkan robeknya jaringan saraf yang bisa lepas dari bola mata. Lalu ada gangguan degenerasi makula yang biasanya terjadi pada manula. Dan yang terakhir adalah retinopati diabetes yang tentu hanya dialami oleh mereka yang memiliki penyakit diabetes. Dan masih ada lainnya yang merupakan kelainan atau gangguan pada selaput jala.

Ciri Dan Yang Menjadi Penyebab Retina Robek Atau Ablasio

Ablasio retina bisa saja karena selaput jala tersebut lepas, robek atau putus yang merupakan terputusnya sensor selaput tipis dari pigmen epitel. Tentu saja hal ini sangat serius dan harus segera ditangani sehingga akan mengurangi trauma yang lebih parah pada mata. Biasanya hal ini terjadi bagi mereka yang sudah usia lanjut. Ciri-ciri atau gejalanya adalah ketika melihat ada kilatan cahaya, mata merah, gatal, bengkak, melihat bintik kecil atau benang. Dan yang lebih parah adalah ketika melihat seperti ada suatu tirai yang turun baik dari mata atas atau dari seberang samping mata. Jika hal ini terjadi maka dapat diindikasikan bahwa telah terjadi pelepasan pada selaput.

Ablasio biasanya terjadi karena adanya kebocoran pada selaput bagian dalam melalui air mata akan tetapi kebocorannya lebih dari 1. Hal ini terjadi biasanya pada orang lanjut usia yang selaputnya mulai menipis sehingga rentan terjadi kebocoran. Komplikasi sakit mata karena diabetes juga menjadi salah satu penyebabnya dan mereka yang menderita rabun jauh dengan kacamata minus. Namun tidak menutup kemungkinan karena faktor genetika atau keturunan. Rutin mengonsumsi vitamin A akan mengurangi terjadinya hal yang lebih parah yaitu kebutaan. Biasanya para dokter ahli mata akan melakukan operasi laser pada penyakit ablasio retina tersebut.

Related posts: