Belajar Musik Untuk Pemula

Musik memang hal yang keren. Namun akan lebih keren lagi kalau kamu bisa memainkan salah satu alat music baik itu piano, gitar, biola, ukulele, atau alat musik tradisional. Belajar musik memang gampang-gampang susah. Jadi, kalau kamu tertarik untuk belajar alat musik maka kali ini kita akan sampaikan beberapa manfaat yang hebat dari belajar bermain musik. Dengan mengetahui manfaat tersebut semoga kamu bisa termotivasi.

2 Manfaat Belajar Musik

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari belajar memainkan alat musik yang bisa kamu dapatkan jika kamu belajar dengan tekun. Apa saja manfaat tersebut?

  1. Wawasan semakin luas

Dengan belajar musik, maka wawasan kamu bisa bertambah! Hal ini karena kamu akan berkenalan dan belajar mengenal berbagai budaya yang bukan hanya dari tempat kamu tinggal saja. Saat kamu belajar bermain musik, kamu akan mulai penasaran dengan asal-usul dari alat musik yang kamu mainkan. Kamu juga mulai mencari tokoh-tokoh musik yang berhubungan dengan alat musik yang kamu mainkan. Lalu karena rasa penasaran inilah maka kamu akan mendalami musik lebih lanjut dan mencari informasi tentang musik, bahkan sejarahnya sekalipun. Setiap negara pasti mempunyai budaya musiknya yang khas, begitu pula dengan Indonesia. Kalau kamu tertarik dengan alat musik tradisional, maka kamu akan belajar banyak tentang berbagai budaya musik yang ada di Indonesia. Karena tiap tempat di Indonesia mempunyai alat musik tradisionalnya masing-masing. Bahkan di satu pulau saja bisa berbeda. Dengan belajar bermain musik maka kamu juga akan belajar berbagai macam budaya.

  1. Melatih konsentrasi

Dengan belajar bermain musik pula kamu juga akan melatih konsentrasi. Karena jika ingin mahir bermain musik maka kamu harus belajar dengan serius dan tekun. Nah dari keseriusan dan ketekunan inilah yang akan membuat konsentrasimu semakin tajam. Lalu kamu pun juga tidak mungkin bisa mahir bermain alat musik dalam satu hari, kan? Karena kamu akan sering belajar musik, maka lama-kelamaan akan terbentuk sifat tekun pada diri kamu pula.

Nah, itu dia 2 manfaat yang bisa kamu lakukan jika belajar bermain musik.

Related posts: