Beberapa Jenis Makanan Tepat untuk Pendamping ASI

Para orang tua yang memiliki bayi berumur 6 bulan, pasti akan melakukan konsultasi ke salah satu dokter kandungan yang berada di sekitar rumah mereka. Konsultasi ini dilakukan untuk mengetahui, apa saja makanan yang paling tepat untuk dijadikan makanan pendamping ASI. Pasalnya kebanyakan orang tua pasti masih belum mengetahui jenis-jenis makanannya. Namun sekarang tanpa harus melakukan konsultasi ke dokter, Anda sudah bisa mengetahui apa saja jenis makanan yang bisa dipilih sebagai makanan untuk pendamping ASI. Penasaran? Berikut penjelasannya.

Makanan Pendamping ASI Rekomendasi dari Dokter Kandungan

Jika selama ini Anda belum mengetahui seputar makanan pendamping ASI terbaik, maka perhatikan saja tulisan di bawah ini. Kami akan memberikan sejumlah makanan yang tepat bagi bayi berusia 6 bulan, hasil rekomendasi dari para dokter kandungan.

  • Bubur bayi

Makanan berupa bubur bayi ini akan jadi pilihan paling utama ketika Anda akan mengenalkan makanan pendamping ASI kepada si bayi. Namun akan lebih baik, bubur yang dibuat itu merupakan sayur yang diblender dengan banyak air. Tak hanya itu, buah pun harus Anda berikan kepada si bayi. Pasalnya dari buah serta sayur tersebut, si bayi akan mendapatkan asupan serat. Kemudian untuk bubur yang harus Anda buat, jangan terlalu banyak dahulu porsinya. Ketika di awal pengenalan, Anda hanya perlu menyuapi bayi sebanyak 5 sampai 6 sendok saja. Kemudian itu pun harus ada di sela-sela pemberian ASI.

  • Air mineral

Meskipun bayi tidak melakukan aktivitas yang terlalu banyak, akan tetapi cairan yang dibutuhkan oleh tubuh itu memang cukup banyak. Untuk itulah Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan dengan menggunakan air mineral. Air mineral ini bisa diberikan setiap setelah pemberian ASI selesai. Nah air mineral yang diberikan akan lebih baik hangat. Dengan begitu pencernaan si bayi pun jadi bisa lebih lancar dari biasanya.

  • Daging-dagingan dan roti

Ketika bayi sudah harus diberikan makanan pendamping ASI, maka daging dan roti wajib diberikan. Pasalnya menurut dokter kandungan, jenis makanan tersebut mengandung begitu banyak nutrisi yang benar-benar penting untuk tumbuh kembang bayi ke depannya. Akan tetapi Anda harus benar-benar menumbuk atau menghancurkannya hingga benar-benar halus, sehingga lebih mudah untuk dikonsumsi bayi.

Related posts: