Bahaya!! Membiarkan Tubuh Dehidrasi Tanpa Sadar

tips kesehatanBiasanya ciri-ciri dari tubuh dehidrasi yaitu merasa kehausan, air kencing berwarna keruh dan kekuningan, jarang buang air kecil, ulu hati tidak nyaman, mual ingin muntah, keringat berlebih, lelah dan lemas. Dehidrasi dapat memberikan dampak yang buruk terhadap tubuh, jadi akan sangat berbahaya jika tanpa sadar Anda membiarkan tubuh Anda mengalami dehidrasi meskipun kasus ringan. Mari simak ulasan mengenai dampak atau akibat mengalami dehidrasi bagi kesehatan tubuh Anda.

Apa Saja Dampak Dari Tubuh Dehidrasi?

Seringkali lupa bahwa kebutuhan tubuh Anda akan cairan sangat penting membuat Anda menyepelekan pentingnya minum 2 liter air per hari. Kurangnya cairan bisa menyebabkan tubuh dehidrasi dan jika Anda mengalami dehidrasi maka akan merugikan kesehatan tubuh Anda sendiri. Pertama membuat fungsi ginjal terganggu, kurangnya cairan akan mengakibatkan keseimbangan tubuh menjadi kacau sehingga fungsi ginjal menurun. Jika fungsi ginjal menurun maka racun tidak dapat disaring dengan baik. Kedua kulit akan kusam dan kering, kurangnya cairan akan menyebabkan kelembaban pada kulit menghilang. Ketiga mengalami radang sendi, jika Anda mengalami dehidrasi yang berlebihan maka pelumas sendi menjadi berkurang dan peredaran darah disekitar sendi tidak lancar sehingga meradang. Keempat metabolisme tubuh menjadi lambat, sistem metabolisme Anda akan kacau jika kekurangan air minum. Kelima gangguan pencernaan, akibat ini yang paling sering dialami baik itu anak-anak, remaja maupun dewasa. Dehidrasi menyebabkan gangguan pencernaan karena usus akan kering dan mudah iritasi serta mengalami infeksi.

Demikian ulasan singkat mengenai bahayanya membiarkan tubuh dehidrasi. Melihat bahayanya dehidrasi bagi kesehatan tubuh Anda maka mulai saat ini bagi Anda yang sering mengabaikan minum air putih mulailah untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan cairan. Jika Anda merasa berat untuk minum air dalam jumlah banyak maka lakukan dengan cara mengonsumsi air secara lebih sering, misalnya satu gelas maka 8 gelas per hari. Jika masih tidak sanggup menghabiskan per gelas kurangi menjadi gelas yang lebih kecil, 12 gelas per hari. Semoga ulasan diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda.

Related posts: