Bahan Alami Untuk Mengobati Mimisan Pada Anak

tips kesehatanMimisan dapat dialami siapa saja baik itu anak-anak dan juga orang dewasa. mimisan ini ditandai dengan adanya keluarnya darah melalui hidung namun Anda tidak perlu takut jika terjadi mimisan ini apabila tidak sering. Namun jika keluarnya darah mimisan terlalu sering sebaiknya Anda konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.  Mimisan ini biasanya terjadi sebentar dan menandakan adanya kondisi yang tidak beres dengan tubuh Anda. Mimisan dapat terjadi disebabkan oleh flu dan pilek (kondisi ini sering dialami oleh anak-anak) alergi, tekanan darah tinggi, gejala penyakit tertentu trauma fisik seperti pukulan keras, kecelakaan yang mengakibatkan pendarahan di hidung dan lain lagi.  Untuk mempercepat proses keluarnya darah di hidung ini diperlukan penanganan yakni berupa, duduk dengan pinggang lurus dan membungkuk. Tutup hidung dengan tangan dan pastikan bernafas menggunakan mulut agar darah tidak masuk di rongga mulut. selalu sediakan tisu atau sapu tangan agar darah tidak mengalir kemana-mana. Mimisan ini dapat diatasi oleh bahan-bahan alami, apa saja bahan-bahannya?

Bahan Alami Obat Mimisan

Obat mimisan ini agar lebih cepat sembuh dapat memanfaatkan bahan-bahan alami seperti:

  • Daun sirih, sejak zaman dahulu daun sirih banyak dikenal sebagai salah satu tanaman herbal yang banyak mengandung khasiat. Cara penggunaan daun sirih ini adalah ambil satu lembar daun sirih, cuci bersih dan remas-remas lalu gunakan untuk menyumbat hidung agar lebih cepat berhenti pendarahannya.
  • Kacang tanah, mungkin Anda belum begitu familiar dengan cara ini, cara mengobati mimisan yang dipakai adalah kulit kacang tanah. Cuci bersih dan rebus dengan air 2 gelas hingga mendidih. Setelah dingin atau hangat-hangat kuku minumlah secara rutin 2 kali sehari.
  • Akar alang-alang. Caranya sama dengan merebus kulit kacang tanah. Akar alang-alang dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati berapa penyakit.
  • Rambut Jagung, bukan jagung yang Anda perlukan melainkan rambutnya saja. Ambil rambut jagung satu genggam, cuci bersih kemudian rebus ke dengan 2 gelas air hingga bersisa setengahnya. Saring air rebusan agar tidak bercampur dengan rambut-rambut jagung. Minum saat hangat 2 kali sehari pagi dan sore.

Itulah berapa bahan alami yang membantu proses menyembuhkan mimisan agar tidak mudah kembali lagi. Apabila buah hati Anda terkena mimisan janganlah panik  karena mimisan ini dapat diatasi dengan bahan-bahan alami.

Related posts: