Bagaimana Mencegah Mata Minus?

tips kesehatanMempunyai mata minus merupakan sebuah kekurangan. Mata minus sebenarnya bisa diatasi dengan cara tertentu agar mata kembali normal atau setidaknya minus berkurang. Penyebab mata minus sendiri dikarenakan oleh pola hidup yang menyebabkan mata mengalami kelelahan. Karena seiring berjalannya waktu, mata manusia dituntut untuk melihat objek dengan jarak yang sama secara terus-menerus sehingga bola mata menjadi kaku. Bola mata yang kaku dapat kehilangan daya fokusnya sehingga membuat kelainan mata seperti mata minus. Penggunaan gadget sering erat kaitannya dengan penyebab mata mengalami minus. Selain itu juga terlalu sering membaca buku, komik ataupun novel juga dapat menyebabkan mata minus. Sebenarnya kebiasaan membaca sangat baik, karena dengan membaca wawasan akan bertambah sehingga dapat berkembang. Namun sebaiknya Anda harus mengetahui tips agar mata tetap sehat walaupun sering membaca.

Yuk Cegah Mata Minus Sejak Dini

Umumnya mata minus disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti membaca sambil tiduran, memandang TV/ laptop terlalu lama tanpa istirahat dan tidak memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan mata. Mata minus juga dapat disebabkan karena faktor keturunan dan juga penyakit. Kadang-kadang dapat dijumpai penyakit yang dapat membuat daya penglihatan menurun. Penyakit ini sering disebut glukoma. Jika Anda ingin mengurangi mata minus ini, Anda dapat melakukan hal-hal berikut, misalnya dengan mengonsumsi vitamin yang dibutuhkan oleh mata, misalnya vitamin A, beta karotin dan lain-lain yang dibutuhkan oleh mata. Anda dapat mengonsumsi vitamin yang mengandung nutrien tersebut atau Anda juga dapat mengonsumsi makanan tinggi vitamin A seperti wortel, tomat dan lain-lain.

Agar mata Anda selalu terjaga kesehatannya, Anda dapat selalu mengonsumsi makanan yang sehat, seperti ikan salmon dan alpukat. Alpukat bagus untuk mata karena buah ini kaya akan kandungan lutein. Kemudian kol dan juga bayam juga bagus untuk kesehatan mata karena mengandung zeaxanthin, lutein dan vitamin C yang bagus bagi mata. Kemudian tiram, telur dan juga tomat juga sangat bagus bagi kesehatan mata. Kemudian jika Anda telah memakai kacamata, sebaiknya gunakan kacamata hanya saat dibutuhkan, seperti saat membaca dan aktivitas lainnya yang membutuhkan kacamata. Jika tidak dibutuhkan sebaiknya kacamata dilepas saja.

Related posts: