Asyiknya Masak Makanan Tradisional Indonesia

Artikel kali ini akan membahas mengenai resep masakan tradisional Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat kaya, baik itu hasil alamnya maupun budayanya. Perpaduan antara hasil alam dan budaya menghasilkan suatu kreasi masakan tradisional yang khas dari berbagai macam daerah.

Dapat Anda bayangkan berapa banyak masakan tradisional yang ada di negeri tercinta ini. Sebenarnya ada beberapa masakan daerah yang terbuat dari bahan baku yang sama namun memiliki nama yang berbeda dari setiap daerahnya. Bagi Anda yang rindu akan makanan tradisional dan ingin memasaknya sendiri di rumah dapat melihat resepnya melalui laman Kejora.

Bikin Makanan Pedas dan Gurih Khas Jawa Barat Yuk

Jawa Barat dikenal pula dengan keunikan kuliner yang disajikan serta rasa pedas dan asin yang ada pada makanannya. Oleh karena itu kami akan membahas mengenai cara membuat sambel cobek ikan mas khas daerah Jawa Barat. Bahan serta cara pembuatan cobek ikan mas ini akan Kejora bahas berikut ini.

  • Bahan yang diperlukan untuk membuat cobek ikan kejora yaitu ikan mas seberat 500 gram, minyak secukupnya, satu sendok teh garam, daun kemangi sebanyak tiga lembar, serta air jeruk nipis sebanyak satu sendok teh.
  • Bahan yang diperlukan untuk bahan pembuatan sambel yaitu dua sendok teh gula pasir, setengah sendok teh garam, cabe merah keriting dan cabe rawit yang sudah dibakar jumlahnya sesuai selera, kencur sebanyak tiga sentimeter, bawang merah yang sudah dibakar sebanyak empat buah, satu sendok teh jeruk nipis serta terasi bakar.
  • Cara pembuatan cobek ikan mas ala Kejora yaitu :
  1. Bersihkan ikan mas dari berbagai macam kotoran seperti sisik dan jeroan.
  2. Cuci hingga bersih di air mengalir
  3. Rendam ikan menggunakan jeruk nipis dan garam untuk menghilangkan bau amis selama kurang lebih lima belas menit.
  4. Ikan mas kemudian digoreng hingga berwarna kuning kecokelatan.
  5. Ulek atau haluskan semua bahan sambal dan ditambah dengan air jeruk nipis.
  6. Satukan ikan dan sambal dengan sedikit penyetan kemudian tambahkan daun kemangi untuk menambah aroma.

Related posts: