Alat Musik Khas Jawa Tengah Dalam Set Gamelan

Banyak sekali instrumen alat musik yang ada. Tidak heran jika tidak semua orang mengetahui jenis alat musik ini. Ada berbagai jenis alat musik, mulai dari bahan yang digunakan untuk membuatnya, cara memainkannya, modern atau tradisional, dan lain sebagainya. Jika membahas mengenai alat musik tradisional tentunya tidak semua orang mengetahuinya. Padahal alat musik ini perlu untuk dilestarikan. Apalagi melihat orang-orang yang bisa memainkan alat musik ini tidaklah banyak, sehingga membutuhkan generasi penerus yang mampu memainkan alat musik ini.

Inilah Contoh Alat Musik Gamelan Jawa Tengah!

Salah satu daerah yang memiliki cukup banyak alat musik yang tradisional adalah Jawa Tengah. Salah satu alat musik Jawa yang sangat familiar adalah gamelan. Apabila berbicara mengenai gamelan, maka ada banyak alat musik yang tergambar dalam pikiran. Berikut ini adalah beberapa alat musik khas Jawa Tengah yang termasuk dalam set gamelan yang sangat perlu untuk diketahui.

  • Saron

Saron termasuk dalam kategori balungan, yakni berbentuk keras dan morfologinya seperti balung atau tulang. Kemungkinan tidak banyak yang mengetahui nama alat musik ini, tetapi apabila melihat bentuk dan gambarnya, maka tidaklah asing. Dan banyak juga yang menyebutnya sebagai rindik. Saron ini memiliki peran yang sangat besar dalam gamelan. Ada dua laras atau nada pada saron, yakni laras slendro dan pelog.

  • Kenong

Salah satu alat musik tradisional Jawa Tengah yang bernama kenong ini dimainkan dengan cara dipukul. Fungsi dari kenong adalah penegas irama serta batas-batas gatra. Jika Anda mengetahui bonang, kenong itu memiliki ukuran yang lebih besar. Pemukul kenong ini adalah kayu yang di bagian ujungnya memiliki lilitan kain. Satu set kenong berjumlah 6 buah atau lebih.

  • Gong dan Kempul

Kempul dan gong adalah alat musik tradisional yang memainkannya dengan ditabuh. Kedua alat musik ini memiliki kesamaan, dan kedua alat musik ini biasanya dijejerkan menjadi satu deret dalam satu gantungan. Ukuran kempul ini lebih kecil jika dibandingkan dengan gong. Cara memainkan alat musik gong dan kempul ini sangatlah mudah. Namun harus mengetahui dengan benar kapan gong dan kempul ini ditabuh, karena salah satu fungsinya adalah sebagai penegas dan kode.

Related posts: