Adakah Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Psikologis Siswa?

Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang guru, Anda juga harus mau belajar untuk mengerti akan kebutuhan yang dibutuhkan oleh murid-murid Anda. Hal ini berkaitan erat dengan perkembangan psikologis murid yang akan Anda ajarkan tersebut. Anda harus tahu bahwa perkembangan psikologis akan mempengaruhi cara pembelajaran yang berbeda-beda setiap muridnya. Anda juga perlu memahami bahwa setiap individu mempunyai tingkat perkembangan yang berbeda-beda meskipun mereka memiliki umur yang sama. Agar Anda bisa mengajarkan mereka dengan baik, Anda juga perlu tahu bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan psikologi murid tersebut.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Psikologis

Adapun faktor-faktor yang akan mempengaruhi perkembangan psikologis murid yang harus Anda ketahui. Menurut beberapa ahli, ada 3 klasifikasi faktor yang mempengaruhi perkembangan psikologis murid, yaitu:

  1. Faktor nativisme. Ada beberapa ahli yang menyatakan bahwa perkembangan psikologis terhadap seseorang itu sangat erat kaitannya dengan sifat bawaan dari lahir atau bisa dibilang juga sifat dari kedua orang tuanya. Bagi mereka, banyak sekali anak yang memiliki sifat yang seperti kedua orang tuanya karena memang mereka mendapatkan gennya tersebut.
  2. Faktor empirisme. Ada juga beberapa ahli yang lebih percaya bahwa perkembangan psikologis terhadap seseorang itu akan sangat erat kaitannya dengan lingkungan sekitarnya. Mereka percaya bahwa lingkungan akan sangat berpengaruh besar terhadap psikologis orang tersebut.
  3. Faktor konvergensi. Ada juga para ahli yang menyatakan bahwa perkembangan psikologis seseorang itu tergantung pada gen warisan kedua orang tuanya dan juga lingkungan tempat tinggalnya. Kedua hal tersebutlah yang mempengaruhi psikologis seseorang tersebut.

Untuk itu, sebagai seorang guru yang pastinya menginginkan setiap anak didiknya itu meraih kesuksesan, Anda harus tahu bagaimana perkembangan psikologis masing-masing peserta didik Anda tersebut. Anda tidak bisa mengajarkan teknik pembelajaran kepada satu anak saja karena anak-anak yang lain belum tentu bisa mengikutinya dengan baik. Dengan begitu, Anda harus tahu perkembangan psikologis anak didik Anda terlebih dahulu, lalu Anda bisa memutuskan bagaimana menerapkan teknik pembelajaran yang baik. Anda bisa mengunjungi website kami di programpendidikan.com untuk mendapatkan informasi lebih mengenai perkembangan psikologis.

Related posts: