3 Jenis Masakan Khas Daerah Banjarmasin

makanan khas daerahBanjarmasin merupakan ibukota provinsi Kalimantan Selatan, maka dari itu masakan khas daerah Banjarmasin merupakan makanan khas masyarakat Kalimantan Selatan. Menginjakkan kaki di Banjarmasin belum terasa lengkap jika belum mencicipi berbagai macam makanan yang hanya akan Anda temukan di kota ini. Nah, maka dari itu mari simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui apa saja jenis masakan yang dapat Anda temukan di Banjarmasin.

7 Jenis Masakan Khas Daerah Banjarmasin

Mengunjungi kota Banjarmasin tidak akan lengkap jika belum mencicipi masakan khas daerah Banjarmasin yang populer diantara pada wisatawan. Beberapa masakan yang terkenal dan patut dicoba adalah ketupat kandang, nasi itik gambut, olahan ikan saluang, lontong orari, soto banjar, dan pepes patin. Ketupat kandang itu sendiri terlihat seperti opor ayam, karena disajikan dengan kuah santan berwarna kekuningan dan bawang merah. Uniknya menyantap ketupat kandang ini tidak menggunakan sendok namun menggunakan tangan yang akan semakin lengkap disantap dengan sate perut ikan atau telur ikan. Lontong orari sendiri mirip dengan ketupat kandang bedanya kuah yang digunakan adalah opor nangka muda. Sedangkan soto banjar mungkin Anda sudah tidak asing karena banyak cabang soto banjar di kota-kota lainnya. Namun lebih afdol dan puas jika Anda mencoba soto banjar di kota asalnya. Bagi Anda yang menyukai olahan ikan maka pepes patin dapat menjadi pilihan. Jenis ikan yang satu ini sendiri memang mudah ditemukan di Kalimantan sehingga tidak heran terdapat olahan ikan patin di Banjarmasin. Pepes patina ini memiliki cita rasa yang kaya akan rempah-rempah karena terbuat dari berbagai rempah pilihan dan dilengkapi dengan daun kemangi dan tomat. Lalu ada nasi itik gambut, gambut itu sendiri merupakan nama sebuah kecamatan. Nasi ini berisikan lauk itik dan bumbu habang khas Banjar yang biasanya disajikan dengan cara dibungkus daun pisang.

Demikian ulasan mengenai beberapa jenis masakan khas daerah Banjarmasin yang patut Anda coba. Semoga informasi diatas dapat menjadi referensi Anda berwisata kuliner. Selamat mencoba.

Related posts: