3 Cara Atasi Demam Pada Anak

Masa anak-anak merupakan masa pertumbuhan yang sangat berharga sehingga orang tua perlu memperhatikan kesehatan dengan baik. Namun biasanya ketika aktivitas anak terlalu padat atau cuaca sedang tidak mendukung maka anak mengalami jatuh sakit. Namun Ibu tidak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan mudah. Hal pertama yang harus diterapkan ketika anak sakit yakni tidak perlu panik. Dan usahakan untuk selalu memiliki persediaan obat untuk anak di rumah. Dengan demikian maka bisa melakukan langkah-langkah awal untuk mengobati anak.

Tips Mengatasi Demam Anak

Berikut ini merupakan cara mengatasi demam pada anak.

– Kompres air hangat

Cara yang paling mudah adalah dengan mengompres anak menggunakan air hangat. Namun sebenarnya mengompres tubuh hanya bisa menurunkan demam dalam waktu sementara atau bahkan tidak bisa menurunkan demam di beberapa anak. Meskipun demikian cara ini merupakan upaya baik yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika anak mengalami demam.

– Makan dan minum yang banyak

Ketika demam maka usahakan untuk memberikan makan dan minum yang banyak kepada anak. Perlu diketahui bahwa ketika anak mengalami demam maka akan kekurangan cukup banyak cairan dalam tubuh. Untuk itu sangat penting memberikan minuman dan makanan yang berkuah. Makanan ini juga tentu untuk melengkapi nutrisi pada tubuh sehingga bisa membantu untuk mengembalikan stamina.

– Minum teh herbal

Mengonsumsi teh herbal merupakan cara yang tepat untuk mengatasi demam pada anak. Dengan meminum ini maka anak akan merasa tenang serta mampu mengeluarkan keringat dari dalam tubuh. Dengan keluarnya keringat maka bisa membantu untuk menurunkan suhu pada tubuh ketika demam. Ibu juga bisa menambahkan madu pada teh herbal supaya rasanya manis.

Pada dasarnya ketika anak mengalami demam maka lakukan langkah-langkah awal untuk mengatasinya. Apabila sekiranya hal tersebut belum bisa diatasi juga maka perlu membawa ke dokter. Dengan demikian maka dokter akan memberikan resep yang sesuai dengan gejala dari demam anak tersebut. Karena belum tentu demam itu merupakan demam biasa karena ada berbagai penyakit yang memiliki gejala demam pada tubuh.

Related posts: